Selasa, 05 Juni 2012

Photography and Photo Editing

Hai guys the journey's coming now.. Di awal juni ini the journey pingin share tentang hobi the journey yang satu ini -
>> Photography and Photo Editing
Fotografi kini telah menjadi hobi bagi banyak kalangan, tidak hanya dikalangan entertainer dan tourist, tetapi juga di kalangan pelajar, scientist, termasuk geologist juga paling demen sama yg namanya fotografi.
Modal utama buat hobi yang satu ini pastinya adalah kamera.

Sebenernya kamera yang dibutuhkan tidak harus kamera SLR , kamera digital biasa atau kamera Ipad atau HP pun bisa, setidaknya dengan resolusi yang cukup tinggi. Yang terpenting tujuannya adalah bagaimana caranya mendapatkan foto atau gambar yang bagus, sesuai dg selera. Untuk mendapatkan foto yang bagus dan menarik  maka diperlukan sentuhan art dan skill. Art itu datang secara alamiah, sementara skill itu bisa dilatih. Maksud skill disini adalah bagaimana cara mengambil foto dengan sudut terbaik,  mengatur pencahayaan dan fokus, dan sebagainya yang berhubungan dengan teknis. Sedangkan art itu segala hal yang berhubungan dengan estetika, bagaimana menciptakan keindahan dari sebuah foto, sehingga foto tersebut menarik dan bermakna.

Guys, buat kalian yang mencintai hobi fotografi pastinya sudah terbiasa menggunakan kamera, terutama yang punya kamera SLR, setiap ada sudut yang bagus pasti dah jeprat-jepret mulu hehee,,
Kualitas foto yang dihasilkan kamera SLR dengan lensa yang o.k punya, pasti lebih bagus dari pada foto yang dihasilkan oleh kamera digital biasa atau bahkan kamera HP, meskipun objek yang difoto sama tetapi memberikan hasil yang berbeda. Kamera SLR memberikan fitur effect yang lebih banyak dan lebih bagus daripada kamera digital, apalagi kamera HP. Namun hal ini bisa diakali guys, 

"Kita bisa menyulap foto yang dihasilkan dari jepretan kamera digital biasa atau dari kamera HP tetapi bisa memiliki kualitas yang sama dengan foto hasil jepretan kamera SLR. Caranya gimana?? caranya gampang cuma pake : Photo Editing"

Photo editing ini modalnya adalah software atau aplikasi yang khusus digunakan untuk photo editing, contohnya adalah dari yang lagi tenar banget ne INSTAGRAM.

Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik instagram sendiri. Satu fitur yang unik dari instagram adalah memotong foto menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil kamera Kodak Instamatic dan Polaroid. Hal ini berbeda dengan rasio aspek 4 : 3 yang umum digunakan oleh kamera pada peralatan bergerak. Foto yang dihasilkan dari aplikasi instagram ini emang bagus guys, tapi sayangnya instagram hanya dapat digunakan di iPhone, iPad, atau iPod Touch versi apapun dengan sistem operasi iOS 3.1.2 atau yang terbaru dan telepon kamera Android apapun dengan sistem operasi2.2 (Froyo) atau yang terbaru

Dan aplikasi photo editing lainnya adalah picasa, photoshop, corel photo, photoscape, Pixlr, PicMagick, FotoFlexer, DrPic, Pho.to, Pixer, Pixenate dll.



Kalau the Journey sih biasanya mengkombinasikan beberapa aplikasi, tapi the journey paling sering picasa, selain gampang, pilihannya banyak, hasilnnya bagus pula, tapi sayangnya picasa hanya dapat digunakan untuk mengedit secara keseluruhan dari bagian foto itu, kalau buat ngedit perpoint nggak bisa. Tapi sebenernya bagus atau tidaknya hasil editing itu selain tergantung dari aplikasinya juga tergantung dari keluwesan dalam menggunakan aplikasi tersebut, atau tergantung skill dan sentuhan art.

Well guys, di post berikutnya the journey bakal share foto-foto hasil dari hobi the journey yang satu ini ->> photography and photo editing.

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More