Jumat, 23 Maret 2012

Trik Mencegah STRESS akibat Tugas

Hai guys gimana kabar lu 2 minggu ini?? 
sory ya guys 2 minggu ini gw g sempet nengok the journey, hmmm biasa sibuk.
hahahah alasannya klasik bgt ya,,

Yah kesibukan emang udah jadi sesuatu yg klasik buat gw,, Sebagai mahasiswa geologi di salah satu universitas terbesar di Indonesia, selalu dituntut buat jadi yang terbaik, harus berkualitas, dan memiliki kompetensi tinggi, so efeknya ya ke kegiatan perkuliahan yang padat, praktikum yang banyak, tugas yang menumpuk, asistensi, laporan, dan PR membaca yang harus dikerjakan. Belum lagi kegiatan organisasi mahasiswa yang menunjang karier. Jadi mahasiswa geologi emang punya tanggungan yang banyak,, beban nya lebih besar dari mahasiswa di jurusan lain, dan semuanya harus dijalani karena proses untuk menjadi seorang geologis memang berat, dan tidak mudah. Bagi mahasiswa yang g kuat akan memilih keluar dari geologi dan berpindah ke jurusan lain, atau kalau yang memaksakan diri untuk bertahan tapi sebenernya udah g kuat lagi, ya ujung-ujungnya bisa gila. hehehe kok kesannya serem banget ya kuliah di teknik geologi. 

But guys kenyataannya g seserem itu kok, semuanya tergantung pribadi masing-masing individu, bagaimana cara dia menghadapi semua tekanan yang berat, baik tekanan mental maupun fisik, dan dia dituntut  tetap memberikan hasil yang terbaik dibawah tekanan tersebut. 
nah untuk mengatasi masalah tersebut, setiap orang pasti punya cara masing-masing.
terus caranya kaya gimana sih??

well guys gw bakal share ke lu smua gmna caranya lu bisa mengerjakan tugas-tugas lu yang berjibun, dan lu tetap bisa bekerja dengan baik meskipun dibawah tekanan yang tinggi, dan terhindar dari penyakit kejiwaan: STRESS akibat tugas. oke ini trik nya:

make to do list and manage the time
Pertama: list semua tugas bersama dengan deadline pengumpulan, catat di notebook. 

Kedua: urutkan prioritas tugas, mana tugas-tugas yang perlu dikerjakan terlebih dahulu dan mana tugas-tugas yang perlu dikerjakan sesudahnya. Prioritaskan tugas yang deadline pengumpulannya lebih awal. Hal ini akan membuat pekerjaan anda lebih teratur.

Ketiga: Manajemen waktu. Atur waktu kamu dengan cara membuat jadwal harian, mulai dari jadwal kuliah, praktikum, asistensi, makan, istirahat, dan termasuk jadwal mengerjakan tugas. Satu lagi kalau bisa sisipkan pula waktu untuk membaca buku di jadwalmu, meskipus cuma setengah jam, thrust me guys, it works. membaca buku atau jurnal atw paper2 yang berhubungan dengan tugas-tugas atau kuliah bakal ngebantu banget, absolutety lu jadi punya bahan referensi buat tugas lu, dan ketika lu butuh informasi mengenai hal2 yang ada di buku itu lu jadi g kesuliatan lagi, karena lu udah baca tu buku so pengetahuan lu jadi lebih banyak. Oh ya istirahat juga perlu ya guys, jangan sampai lu lupa istirahat atau mengabaikan waktu untuk istirahat karena saking sibuknya bikin tugas. Istirahat itu penting guys untuk merefresh otak lu dan sistem tubuh, istirahat juga dapat mengurangi tingkat kestressan lu. kalau kagak ada istirahat, kestressan lu bisa jadi lebih akut, n ujung2 nya ya gila.. g mau kan kalau jadi gila. :D

Fun n enjoy your work
Keempat: Fun n Enjoy. Hmmmm 2 hal ini perlu banget ketika lu mengerjakan sesuatu. You should fun and enjoy your work. why?? alasannya: kalau lu mengerjakan pekerjaan lu dengan senang dan menikmati pekerjaan lu, lu bakal lebih mudah mengerjakannya, semuanya berasa mudah guys. 




Kelima: Menjaga Mood tetep baik,, salah satunya dengan hiburan. nah hiburan ini perlu guys buat menjaga mood lu agar tetap fun n enjoy waktu ngerjain tugas. Ini sangat berpengaruh dalam mengurangi tingkat stress. Hiburan bisa dengan mendengarkan musik, atau dengan ditemani binatang peliaraan itu juga akan menghibur dan menjaga mood tetap baik dan tetap semangat dalam bekerja / mengerjakan tugas. Selain hiburan untuk menjaga mood lu tetep baik, lu bisa ngerjain tugas sambil makan snack atau cemilan kesukaan lu, dan minum minuman yang bisa bikin mood lu lebih baik seperti kopi, teh, atau makan ice crem dll. But guys ada catatan nih, hiburan atau makanan tersebut tidak boleh mengganggu aktivitas lu itu. Misal ne dengerin musik boleh tapi jangan sampai tu musik malah bikin lu tidur hahahhaha kalau tidur akhirnya tugas lu kagak kelar kan.

Hiburan + cemilan perlu saat mengerjakan tugas
 supaya mood lu tetep terjaga
Keenam: Tim Work (ngerjain tugas rame-rame :D),, Tim work ini penting ketika lu harus mengerjakan tugas kelompok. kalau tugas bisa dikerjakan bersama-sama pasti lebih mudah dan cepat selesai dibandingkan dikerjakan oleh satu tugas. So kalau ada tugas mending dikerjakan bersama-sama.

Ketujuh: Jangan malu buat minta tolong ke temen kalau lu bener2 blank atau g bisa sama sekali tentang tugas yang harus lu kerjakan. 

Kedelapan: Minimalisir masalah. Masalah dalam mengerjakan tugas atau pekerjaan apapun pasti ada, tapi masalah bisa diminimalisir dengan cara tidak melakukan hal-hal yang dapat menimbulkan masalah, mengerjakan tugas sesuai prosedur. termasuk juga menjaga hubungan dengan teman. nah hubungan baik antar individu ini juga perlu terutama dalam pekerjaan kelompok. Karena permasalahan antar individu juga dapat mengurangi tingkat profesionalisme dalam bekerja, dan akan berpengaruh dengan hasil pekerjaan yang dilakukan. kalau dalam pekerjaan individu ini juga perlu, karena kalau kita memiliki hubungan baik dengan teman, pastinya kalau mau minta bantuan jadi lebih mudah kan.

Jangan sungkan meminta bantuan
Kesembilan: Selesaikan masalah dengan segera. Jika terjadi masalah dalam pekerjaan, atasi masalah tersebut sesegera mungkin sebelum masalah tersebut berpengaruh terhadap hasil pekerjaan. Dan jangan sungkan untuk meminta bantuan untuk mengatasi masalah tersebut, before your problem get out of control.

Kesepuluh: Simpan data dan back up data tugas yang telah dikerjakan. Jangan sampai data yang sudah dikerjakan terhapus, atau hilang. Buat database khusus untuk data-data tugas, dan kelola database tersebut dengan teratur supaya ketika lu butuh tu data lagi di lain waktu lu bisa nemuin tu data dengan mudah.

Kesebelas: Segera print tugas-tugas lu setelah selesai, jika tugas lu emang harus di print, ini untuk menghindari kalau-kalau terjadi mati listrik dan hal-hal lain yang tidak diinginkan atau yang bakal menghambat proses printing.

Beribadah
Keduabelas: Beribadah, dan berdoa. Ibadah adalah salah satu kebutuhan spiritual atau kebutuhan rohani. Untuk menenangkan jiwa dan pikiran hendaknya mendekatkan diri dengan Tuhan, dengan beribadah maka hati dan jiwa lebih tenang, dan pikiran menjadi lebih terbuka. Dengan dibukakannya akal pikiran, maka ide-ide lebih mudah didapat. Pekerjaan juga semakin mudah, dan dapat selesai dengan tepat waktu dan hasil yang optimal. Sebagai contohnya bagi umat muslim sholat, berdzikir, membaca alqur'an akan membuat hati terasa tenang dan damai, dan dibukakan akal pikirannya. begitu pula dengan umat beragama lain berdoa dan bersujud kepada Tuhan membuat hati dan pikiran tenang.




Ketigabelas: setelah semua tugas selesai, gw pikir liburan perlu juga guys, But sebelum liburan pastikan semua tugas lu dah kelar ya..


Well  guys selamat mencoba..



1 comments:


Thanks infonya. Oiya ngomongin stres, ternyata ada loh cara sederhana untuk mengatasi stres di tempat kerja. Penasaran kayak apa? Cek di sini ya: Cara mudah atasi stres di kantor, simak baik-baik

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More