Minggu, 25 Maret 2012

DESCRIBE YOUR SELF IN POEM


Hai guys, , untuk satu hal ini pasti g asing lagi buat lu smua,, what’s that??

Just write about you, what you feel, what in your mind, and what you want
no need to afraid cause you are free express your imagination 
That is POEM

Poem atau bahasa indonesianya puisi, sebenernya apa sih??

Well guys, dulu waktu gw SMP gw pernah ikut di acara launching n bedah buku tentang puisi, low g salah judul bukunya FISH, GOLD  and WIND, buku itu berisi kompilasi puisi-puisi karya 3 orang siswa SMA/MA di salah satu kab. Batang. SMA mana?? Seinget gw si anak Madrasah Aliyah Nahdhatul Ulama’ (MANU) Limpung, Batang.


Jangan ngeremehin dulu guys, meskipun karya anak MA tapi puisi-puisi tersebut memiliki nilai apresiasi seni yang tinggi.  Nah di dalam acara launching n bedah buku tersebut ada pembicara lain juga yang berkecimpung di bidang sastra, gw lupa namanya siapa, yang jelas beliau itu adalah salah satu  pendiri organisai lingkar pena di Pekalongan. Lingkar pena adalah komunitas di bidang sastra, yang menjadi wadah bagi pemuda, dan remaja untuk menuangkan kreativitasnya dalam bentuk tulisan seperti cerpen, novel, teenlit, dan puisi. Ketiga siswa penulis buku FISH, GOLD  and WIND tersebut merupakan anggota lingkar pena, dan buku yang diterbitkan juga atas support dari komunitas tersebut.
Salah satu pembicara dalam acara tersebut mendefinisikan:

Puisi adalah pesawat Imajinasi

maksud nya apa??


Begini guys, dalam kalimat: Puisi adalah pesawat imajinasi, terdapat 2 kata kunci Pesawat dan Imajinasi. Pesawat adalah alat transportasi, alat transportasi adalah alat untuk mentransfer sesuatu dari satu tempat/media ke tempat/media lain. Sedangkan Imajinasi adalah khayalan, ide, inspirasi yang merupakan sesuatu yang abstrak. Jadi dalam kalimat tersebut puisi dianalogkan sebagai pesawat (alat transportasi/alat untuk mentrasport/mentransfer), dan imajinasi adalah sesuatu yang abstrak. Maka jika digabungkan akan membentuk kata Pesawat Imajinasi yang dapat diartikan sebagai alat untuk mentransfer imajinasi (ide, inspirasi, khayalan) dari suatu media (sumber imajinasi/otak) ke media lain (media penerima).
So guys dari pengertian tersebut maka dengan puisi kita dapat mentransfer ide, inspirasi, khayalan atau pemikiran kita ke orang lain.

Which ones your imagination airplane??

Nah guys, pernah g lu kepikiran buat nulis puisi, lalu puisi-puisi tersebut lu compile jadi satu buku seperti 3 anak SMA itu???

Kalau gw dulu gw pernah jg kepikiran kayak gitu, buku itu salah satu inspirator gw dan motivator gw buat menuangkan kreativitas gw di bidang sastra. Salah satu yang paling mudah n singkat ya dengan menulis puisi. Ada cukup banyak puisi yang udah gw tulis, dan itu originally bikinan gw lho.

Salah satu yang gw suka dari puisi adalah gw bisa menceritakan siapa gw sebenernya, apa yang gw rasakan, apa yang gw mau, apa yang gw benci dll, hanya dalam kata-kata yang singkat, dalam sajak yang maknanya bisa implisit atau eksplisit, dan gw g perlu bercerita panjang lebar pun, orang udah  bisa nangkap apa maksud tulisan gw itu.

Seninya puisi adalah singkat, indah, dan mengena

Bagi para pemula, kalau bingung mw nulis puisi tentang apa lu bisa menulis puisi dengan tema yang udah umum misal tema-tema cinta (jatuh cinta, patah hati, kangen dll), atau lu bisa nyoba satu tema ini yaitu  Describe Your Self.

Coba deskripsikan siapa kamu dalam sebuah puisi

No need to confuse who you are, just take a pen, and write about you
in a poem briefly, and free.  
It’s easy guys, coz lu tau betul apa objeknya. Karena temanya describe your self ya berarti objeknya lu sendiri. So lu tau semua tentang objek itu dan g perlu mikir lagi tentang si objek.
Dulu waktu gw pertama mencoba menulis puisi, gw juga milih tema tersebut. Waktu itu gw dapat bagian harus mengisi mading di space khusus puisi. Awalnya mw nulis ttg cinta, tapi waktu itu gw masih SMP so belum ada pengalaman tentang cinta, masih jadi anak mami banget hehehe, so akhirnya gw milih tema tersebut, ini salah satu puisi gw, It’s really about Me,
Well, here is my poem:

AKU
(Originally created by Siti Laili Nailul Farih, 2005)

Aku bukan gemuruh badai di lautan
Bukan pula halilintaar yang menyambar sampan nelayan
Aku bukan bara yang menyulut api
Bukan pula kayu yang mengobarkan api

Tapi aku juga tak seputih kafan
Tidak sesempurna pelangi
Tak sewangi bunga
Tidak pula semanis madu

Aku hanya ingin seperti Engkau
Tetapi bukan kekuaasaan Mu
Melainkan keteladanan Mu


Well guys, ayo tunjukkan puisi kamu.. :D

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More