Minggu, 11 Desember 2011

Moment to Remember with Mb nana

hai apa kabar?? hari ini jogja panas banget, bikin gw mls ngerjain revisi draft KL,,
guys gw punya cerita buat loe, it's about my memories.. 


mb nana
Jadi gini dulu gw punya temen kos namanya Mb nana,
Waktu mb na udah selesai program master nya di UGM, otomatis dia pulang kampung donk, dan kampungnya di lombok, jauh bener ya .. terus mb dede, soulmatenya mb na, soulmate gw juga punya ide buat ngasih kenang2an berupa buku yang isinya cerita moment2 kita bareng mb na. Gw, santikul, peptonk, n mb dede juga, harus nulis cerita ttg kita dan mb na, terus tulisan itu kita kumpulkan dalam 1 buku "Moment to Remember with Mb nana",, but guys because of Hazard, pada bulan oktober thun 2010 lalu terjadi erupsi Gunung Merapi, dan designer untuk buku itu temennya mb dede salah satu korban erupsi, akhirnya buku itu pun g jadi terbit. Dan gw g mau cerita itu sia-sia so gw share aja ya buat loe lewat blog ini. Oh ya sebenernya gw g tw judul apa yang akan dikasih mb dede sebagai editor buat buku itu,, Gw ngasih judul itu asal aja sih hehe, well ini kisah gw dengan mb nana,


Gw pertama kali kenal Mba’ Nana waktu Gw pindahan ke kost pak makno,, tepat nya hari Minggu, tanggal 28 Februari 2010 sekitar jam 4 sore. Waktu itu setelah Gw selesai mindahin barang-barang dari kostan lama yang jaraknya nggak  terlalu jauh tapi cukup melelahkah,,n benar-benar menguras tenaga Gw, coba bayangin aja Gw harus bolak-balik kurang lebih 10 kali dan naik turun tangga  + bawa barang2 lagi,, huft bener2 capek banget kan,, nah pas Gw beres2 barang di kamar Gw yang baru, ada cewek nggak  tua, nggak terlalu muda juga, ya kira-kira mba’2 yang berumuran sekitar 20-an pake kerudung rada transparan warna hitam, celananya congkrang, bawa handuk lewat depan kamar Gw yang barang-barang nya masih berantakan dan berceceran di mana-mana, tiba-tiba dengan baiknya si mb nyapa Gw : “hai.. mba’ nya anak baru ya,, kenalan donk”. Gw pun dengan senyum gembira menjawab : “oh ya mba’, saya baru pindahan ne, saya Lely. Mba’ namanya siapa?” (*dalam hati lely yang cantik, manis, baik hati, menyenangkan, tidak sombong dan tidak suka menabung ckckckck  narsis.com) . Mba’ nya balas: “Saya Nana”. Lalu kami berjabat tangan dan kemudian si mba’ pergi ke kamarnya. 
Meskipun perkenalan yang biasa-biasa aja tapi sangat berkesan di hati Gw karena Mba’ Nana adalah orang yang pertama kali menyapa Gw dan bekenalan dengan Gw meski bukan orang yang pertama Gw kenal di kost-an itu, karena kebetulan di kost-an itu ada temen Gw juga windkur, dara n santika. 

Kesan pertama kali Gw lihat Mba’ Nana: orang nya baik, sopan n rada pemalu karena jalannya nunduk (tapi g tw jg kalau nunduknya itu karena nyari uang/barang yang jatuh atau emang karena dia pemalu n sopan hihihihiihhi J). Selain itu keliahatannya alim coz pake kerudung, n wajah nya spt orang yang taat beribadah. Kesan lainnya rada culun, pendiam, n tipe2 kutu buku gitu deh. Tapi seiring waktu berjalan dan kami semakin dekat ternyata semua kesan itu kebenarannya hanya 50%. Berikut rinciannya heheheh: Baik (Ya,, baik banget malah..), alim (Ya), taat beribadah (Ya , taat banget chuyy), sopan (Ya), kutu buku (Ya), pinter (Ya,, very very very expert dah dibidangnya yaitu Matematika, mataliah yang bikin Gw mual2, enegh, kebelet boker, kebelet pipis pokoknya punya image buruk di otak Gw n nggak semua orang pinter matematika). Selanjutnya point yang bener2 berbanding terbalik 180°, dan bikin saya nggak habis pikir adalah kesan saya yang mengira Mba’ Nana culun, pemalu dan pendiam, eh ternyata buju buneee Mba’ na tu orangnya Gokil abissss daaahh, asyik, nggak pemalu, gaul lagi, pengalaman chuy, dan bisa bikin orang ketawa ampe ngompol wkwkwk :D .
Masih tentang mb nana,, Kalau ditanya sifat mba’ Nana yang paling menonjol, kayaknya bingung deh jawabnya karena hampir semua sifat baik nya menonjol. Misal ne masalah pinter/kecerdasan, mba’ Nana tu pinter banget, IP nya aja cumlaude, n nggak sekedar cumlaude lagi, tu IP diborong semua, ajiib dah (IP mba’ Na 4,000). Dahsyat banget kan padahal Gw aja IP nya Cuma dua koma ckckck sorry dah nggak bermaksud curhat ne. Lanjut masalah alim n Ibadah, wuiiihh top banget dah. Contohnya ne mba’ Na tu nggak pernah ninggal sholat 5 waktu, terus sholat nya khusssssyuk banget, kayaknya setiap bacaan benar-benar dikhayati bahkan setiap gerakannya juga dilakukan dengan halus or slowly. Bener2 luar biasa beda jauh dengan Gw yang sholat nya asal selesai aja hihihihi (koq jadi curhat lagi,, ya sudah lah :D haha). dan satu lagi yang sangat  menonjol, awas pikirannya jangan ngeres alias jorok  hahaha….. “ketekunan nya chooiii”  sumpah dah Mba’ Na tukun/rajin banget, tiap hari belajar nggak ada kata malas-malasan, Gw jadi ngiri.
Semua orang diciptakan dengan segala kekurangan dan kelebihan nya. Kayaknya dari tadi kok cuma ngomongin sifat-sifat baik mba’ Nana, terus gimana dengan sifat atau kebiasaan buruk mba’ Na, harus diceritain juga donks huhuhuhu J (syetan Request).
Gimana ya bingung juga nih kalau harus jawab pertanyaan yang kaya gini, dasarnya Gw orang baik sich jadi nggak suka mengumbar aib/kejelekan orang lain (:D huaahahhahaa Gayanya lima juataa). MaksudGw: Gw emang nggak suka mengumbar aib orang lain tapi lebih sering mengumbar aib sendiri hihihihi. * Alhamdulillah akhirnya sadar juga,  ucap malaikat  disampingGw sambil ketawa wkwwkwkwk.  Tapi kalau syetan terus memaksa oke lah kalau begitu kita blak-blakan saja,  Sifat nggak baik mba’ Na yang Gwrang Gw suka, kalau mba’ Na lagi ada masalah atau lagi sibuk/pusing dengan kerjaan/tugasnya jadi pendiem, nggak bisa diajak bercanda. Gw si maklum, n buat Gw nggak  masalah, tapi yang bikin Gw Gwrang suka suasananya nya jadi aneh gitu, g enak dah, Gw jadi canggung ma mba’ Na. Contohnya waktu mba’ Na lagi patah hati gara2 ditinggal temennya yang balik ke Lombok, mba’ Na jadi diem n sensi terus contoh lain waktu mba’ Na sibuk nyelesaiin thesis nya n siap2 wat ujian pendadaran mba’ Na jadi jarang becanda ma Gw. Tapi setelah mba’ Na udah nggak terlalu sibuk semuanya kembali seperti semula kita bisa becanda lagi,dan Gw senang hehehe. 
Banyak hari yang sudah kami lewati bersama, so Gw  jadi tau deh sifat2 aneh mba’ Na heheeh. Mau tau??? Ahahaha.. Rahasia!!!
“Woiii, ngak asyik banget si loe, pake rahasia2 an segala, tinggal ngomong aja napa?” Protes syetan.
“Iya lely cantik, bilang aja terus terang,  Allah itu menyukai orang2 yang jujur” tambah malaikat.
“o.k o.k.. saya nyerah, beginilah  kalau syetan dan malaikat sudah sekongkol dunia bisa hancur”.
Langsung aja dah sifat atau kebiasaan aneh mba’ Na kadang mba’ Na suka ngomong sendiri atau kalau dalam bahasa jawanya orang plosok  “nggrendem” (ngomong nggak jelas dengan suara lirih). Contohnya waktu kita lagi makan bareng kalau nggak salah di warung Holic mba’ Na tu ngomong sendiri nggak jelas, Gw tanya kenapa mb, mb na bilang ga’ papa. Terus Gw Tanya lagi kayaknya tadi mb na ngomong sesuatu, mb na jawab lagi ga’ papa kok saya emang kadang suka gitu,,, hihihihi.  Kayaknya itu aja sifat atau kebiasaan aneh mba’ Na. Itu menurut Gw tapi nggak tahu kalau menurut temen yang lain.
Selama 8 bulan hidup bertetanggaan dengan mba’ Na pastinya banyak keadian yang menyenangkan, lucu, bodoh, dan luar biasa  yang udah kami jalani bersama..
Suatu malam I’ve got nightmare,, this is bener2 mimpi buruk chuuyy, I dream about Gwntilanak  n Pocong, hantu yang paling popuer di Indonesia. Ceritanya tu duo hantu ngejar2 Gw. Exactly, Gw lari very express donks, but dalam proses kejar2 an itu, tiba2 ada pohon nongol in front of me,  wah automatically  Gw nabrak tu pohon lalu the end dah.. (hahaha bahasanya alay bgt yak..). Gw  terbangun dari mimpi itu dengan nafas yang terengah-engah, kehausan dan lapar, serta disambut dengan kicauan burung yang suaranya aneh banget bikin atmosfer kamar Gw semakin horror dan penuh hal ghaib huhuuhu atuut. Meskipun rasa tGwt menguasai otak Gw tapi Gw mencoba rileks dan berusaha melanjutkan tidur, berharap mimpi ketemu pangeran ganteng dari Boston, amerika hehehe. Tapi ternyata tetep aja Nggak bisa tidur. Dengan perasaan nggak enak gangguin orang, Gw keluar dari kamar, nggak lupa Gwnci pintu sambil bawa bantal dan selimut menuju kamar mba’ Na, lalu Gw paksain tanganGw untuk mengetuk pintu kamar mba’ Na.
“tok..tok..tok..tok.. Mba’ Na udah tidur belum?” panggil Gw Dengan suara lirih dan dalam hati menggumam semoga dibukain pintu huhuhu. Eh dengan cepat mba’ Na menjawab belum tidur lel sambil membuka pintu, “ada apa?”.  “Mba’ Gw boleh tidur bareng mba’ Na nggak, Gw barusan mimpi buruk nggak bisa tidur lagi terus suara burung itu bikin Gw tambah tGwt”
“hahahah ya udah sini masuk, kamu tidur aja, saya mau menyelesaikan tugas”
“Makasih ya mba’ hehehhe”.. Gw pun tidur dengan nyenyak, kali ini nggak ada gost lagi di mimpi Gw, subuh jam 4 Gw bangun dan pindah ke kamar Gw. Bodo banget kan takut gara2 mimpi dan suara burung yang aneh, terus numpang tidur dikamar orang hahahaa.. kejadian ini yaitu di harisebelum puasa. Meski aneh tapi benar2 berkesan.
Sebenernya kisah2 Gw n mb’ na banyak banget n hampir semua nya berkesan jadi bingung deh mau cerita yang mana, Gw inget2 dulu yak,, hmmm o.k yang ini aja dah, gini ceritanya mba’ Na dapat kabar dari mba’ dede yang sedang KKN di Kasongan, Bantul, kata mba’ dede akan ada hujan meteor yang bakal menghujam bumi dari tanggal 9-14 agustus 2010, nah tanggal 14 tu puncaknya dari jam 2-4 pagi. Denger kabar kaya gitu otomatis Gw n mba’ na dengan semangat “ kita harus nonton”. Kami pun sudah mengatur rencana, alarm di setting jam 2 tepat, terus yang udah bangun harus bangunin yang lain. Nah pagi itu Gw yang bangun duluan sekitar jam dua kurang, tapi pas Gw bangun listrik mati, n gelap gulita, Gw pun langsung jeriit ketakutan, biasalah tahu kan Gw tu takyuut gelap gitchu deh (*lebay ah) heheh, lalu Gw ke kamar mba’ na gedor2 pintu kamar mba’ na..
“mba’ .. mba’.. bangun udah jam dua ne jadi lihat hujan meteor nggak” Panggil Gw.
Dengan ogah-ogahan mba’ na bangun, “emang udah jam dua? Kok gelap, listrik mati ya?”
              “Iya mba’. Ayo bangun”
           “Iya lel, bentar ya mba’ Na pake jaket dulu dingin banget nih” (* dalam hati: maksa banget sih ne anak).  “ iya mba’ dingin banget ya, Gw ambil jaket juga dah”
Well, setelah kita pake jaket sambil bergelap-gelapan kita naik keatap alias lantai tiga, wuiiih anginnya kenceng, dingiiiiin banget chuuyy, tapi langitnya cerah banget, banyak bintang kerlap-kerlip, suasananya sunyi2  senyap gimana gitcuuuuh pokoknya romantis , apalagi kalau ma pacar hihihi pasti lebih seru. Sampai diatap kami pun langsung atur posisi yang PW, karena kata berita di Yahoo, tu meteor jatuhnya mengarah ke Timur laut, posisi kami pun menghadap Timur laut. Menunggu dengan sabar sambil dengerin radio pake headset, 1 jam lebih pun berlalu, tapi ga’ ada satu meteor yang lewat adanya malah burung2 malam yang mondar-mandir di depan pandangan kami. 
Tapi tiba-tiba ditengah suara sahur.. sahur,  eh mba’ na teriak dengan girangnya: 
“lel itu lel, keren banget tapi kecil sih”,
 “yah mba’ Na mana, kok Gw ndak liat,” ucapGw dengan kecewa.  
“Cepet banget lel, sabar ya pasti bentar lagi ada banyak, biasanya gitu”. 
O.k Gw pun menunggu dengan setia, tapi sampai waktu menunjukkan pukul 03.30 nggak ada satu meteor pun yang Gw lihat. Karena besok puasa, jadi kami terpaksa harus turun nyari makan buat sahur. Waktu kami beli makanan di warung holic, warung langganan kami, mba’ Na dapat SMS dari mba’ dede katanya ada meteor gedhe lewat keren banget. Yach emang belom rejekinya ne mata, Gw n mba’ na rada kecewa. Karena kami masih penasaran dan ingin melihat yang lebih fantastic, kami pun memutuskan untuk naik ke atap lagi dan rencananya sahur disana sekalian.  Kami kembali berbaring di posisi semula, n nggak lama kemudian, eh ada meteor lewat, keren banget gedhe,, bener2 fantastik, sampai bingung mau ngomong apa, pokoknya luar biasa. Lagi dan lagi sampai  5 meteor. Bener2 menakjubkan. Allah sungguh maha kuasa.
Foto bareng mb na habis wisudaan
Cerita lainnya masih banyak lagi, termasuk kejutan ulang tahun buat gw, yaitu pas ultah gw yang ke 19,, makan-makan di Waroeng Steak, n Pizza Hut, n foto2 di tangga kos setelah wisudaan mb na. Tapi kayaknya nggak mungkin kalau harus Gw ceritain semuanya, satu per satu coz bakal ngabisin banyak halaman. Walaupun baru kenal mba’ Na selama 8 bulan, tapi dalam hati Gw seperti dah kenal bertahun-tahun. Buat Gw mba’ Na udah seperti mba’ kandungGw sendiri. Yang sedih, senang selalu bersama. Apalagi selama bulan puasa, kita benar2 deket banget, sahur dan buka puasa bersama, habis buka puasa kami sholat tarawih berjama’ah di Masjid Siswa Graha, Pogung kidul yang jaraknya ga’ terlalu jauh dari kost-an kami, bahkan waktu ada gempa jogja 5 skala richter kami pun bersama2 menghadapinya. Gempa yang sempat bikin kami shock, ketakutan, gugup, dan lari terbirit-birit dari lantai 2. Benar2 kejadian luarbiasa.


makan-makan @PH : mb dede (paling kanan), leloy, mb na (tengah), Santikul, peptong (paling kiri)

Pesan untuk mb na: Mba’ Na meskipun kita jauh, mba’ udah ga’ tinggal di Jogja lagi, ga’ tetanggaan ma leloy lagi, jangan penah lupain leloy ya mba, kita jaga terus komunikasi ya,, leloy saying mba’ Na, mba’ Na akan selalu di hati leloy, santikul, peptonk, n mb dede selamanya, dan ga’ mungkin bisa terlupakan. 


0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More