Senin, 07 November 2011

Al quran tell us about ATMOSFER


Haii my lovely readers,, finally setelah bersibuk ria dengan draft..draft.. n draft KL,, now i have time to update my blog. Well readers di postingan gw kali ini gw pingin mengulas sedikit tentang ayat Al-Qur'an yang berhubungan dengan Atmosfer. Al-qur'an adalah kitab suci yang luar biasa, selain berisi tentang pelajaran-pelajaran dalam kehidupan dan aturan-aturan yang dijadikan sebagai pedoman hidup, di dalam Al-Qur'an juga terdapat clue-clue pengetahuan yang menarik untuk dibahas dan diteliti. Salah satunya di dalam beberapa ayat Al-Qur'an terdapat clue pengetahuan menyinggung masalah ATMOSFER.  Nggak  percaya??

O.k coba deh kita buka al-Qur'an surat ke 65, yaitu surat Ath-Thalaq ayat 12
lanjuut,,mari kita baca ayat tersebut kemudian pahami isi dari terjemahan ayat tersebut,, 

hmm.. okee,, ini gw kasih terjemahan dari ayat diatas:

QS Ath-Thalaq (65) ayat  12 :
"Allah lah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi. Perintah Allah berlaku padanya agar kamu mengetahui bahwasanya  Allah maha kuasa atas segala sesuatu dan sesungguh nya Allah ilmu-Nya benar-benar meliputi segala sesuatu.
 Well, sekarang pahami dan cerna dengan baik pengertian dari ayat diatas.

Jika kita benar-benar memperhatikan arti dari ayat-ayat tersebut, We'll realize guys kalau di dalam ayat-ayat tersebut terdapat unsur pengetahuan yang harus kita gali dan kita cermati.
Let see,, di dalam ayat tersebut disebutkan bahwa Allah as a great creator telah menciptakan 7 langit, 

maksudnya???

maksudnya adalah  Allah telah menciptakan langit yang terdiri dari 7 lapisan.. 

what???? seriously??

Serius guys,, masih ingat pelajaran geografi SMA kan tentang atmosfer?? bagi yang lupa coba deh di buka buku geografi SMA yang Bab atmosfer,, atau buku apa aja deh yang didalamnya terdapat bagian yang membahas tentang atmosfer,

hmmm gimana?? udah dapat bukunya kan??

kalau g nemu juga gw bocorin dah,, atmosfer itu memang terdiri dari 7 lapis lho..

"loh terus apa hubungannya atmosfer dan langit?? yang disebutin di ayat tersebut yang punya 7 lapisan kan langit bukan atmosfer???"

hehehe gini ya readers langit ma atmosfer tu 1 barang yang sama, 

LANGIT = ATMOSFER 

yaitu:  "lapisan udara yang menyelimuti bumi.. "

Berarti apa yang disebutkan di dalam ayat tersebut memang benar kalau Allah menciptakan 7 langit (langit berlapis 7). Lapisan-lapisan tersebut antara lain: troposfer, tropopause, stratosfer, stratopause, mesosfer, termosfer dan eksosfer. Berikut ini sedikit ulasan mengenai lapisan-lapisan atmosfer tersebut;

Troposfer : adalah lapisan terendah dari atmosfer. Di daerah kutub troposfer berada 8 km di atas permukaan bumi, sedangkan di daerah khatulistiwa troposfer berada pada ketinggian 17 km dari permukaan bumi. Di lapisan troposfer lah awan dan cuaca terjadi. Semakin ke atas, semakin menjauh dari permukaan bumi, temperatur nya akan berkurang atau semakin dingin, dan di puncak lapisan ini temperaturnya dapat mencapai -44 derajat celcius.

Tropopause : adalah lapisan pembatas antara troposfer dan stratosfer, yang merupakan batas dari perubahan temperatur. Pada puncak troposfer suhunya sangat dingin kemudian berubah drastis menjadi hangat ketika memasuki lapisan stratosfer, batas perubahan temperatur itulah zona dari lapisan tropopause.

Stratosfer: lapisan udara yang berada di atas troposfer, ketebalannya mencapai 50 km. Pada lapisan ini terjadi anomali suhu. Temperature udara semakin menjauh dari permukaan bumi seharusnya semakin dingin, namun pada lapisan ini temperaturnya semakin hangat atau terjadi kenaikan temperatur yang gradual. di puncak stratosfer temperaturnya dapat mencapai 15 derajat celcius. anomali suhu (kenaikan temperatur) ini disebabkan karena pada lapisan stratosfer terdapat ozon, yaitu molekul yang terdiri dari 3 atom oksigen (O3), yang karena radiasi dari gelombang pendek matahari atau sinar Ultra Violet (UV) berubah menjadi hangat. Sehingga adanya ozon pada lapisan stratosfer dapat berfungsi sebagai pelindung atau perisai bumi dari radiasi UV dan gelombang pendek lainnya, yang apabila langsung sampai ke bumi akan berbahaya bagi kehidupan yang ada di dalam bumi.

Stratopause : adalah lapisan pembatas antara stratosfer dengan mesosfer, yang merupakan batas perubahan suhu, dari anomali temperatur kembali normal, yaitu semakin jauh / semakin ke atas suhunya akan semakin dingin. Sehingga stratopause merupakan batas maksimal atau puncak dari kenaikan temperatur pada stratosfer yang kemudian berubah menjadi penurunan temperatur ketika memasuki lapisan mesosfer.

Mesosfer : adalah lapisan yang berada diatas stratosfer, kurang lebih pada ketinggian 50 km sampai dengan 80 atau 85 km dari permukaan bumi. Pada lapisan ini jika ada meteor atau benda langit lain yang memasuki atmosfer bumi, ketika melewati lapisan ini meteor atau benda langit tersebut akan terbakar. Pada lapisan ini masih dijumpai awan noktilusen, yaitu awan yang bersinar pada malam hari yang berasal dari uap air atau debu meteor.

Termosfer : lapisan yang berada pada ketinggian 80-200 km dari permukaan bumi, atau berada diatas lapisan mesosfer. Pada lapisan ini terjadi proses ionisasi akibat radiasi UV, dan adanya fenomena aurora. Jika pada mesosfer masih dijumpai awan noktilusen, pada lapisan ini awan noktilusen tidak dijumpai lagi.

Eksosfer : adalah lapisan terluar dari atmosfer, batasnya kurang jelas, dimana lapisan udara akan semakin menipis hingga berubah menjadi hampa udara, atau yang biasa kita sebut sebagai antariksa, jadi eksosfer merupakan zona transisi antara langit/atmosfer dengan antariksa.

well readers,, udah ngerti kan apa yang dimaksudkan dalam ayat 12 surat Ath-Thalaq ??
Ada beberapa ayat lain yang juga menyebutkan tentang 7 lapisan atmosfer atau 7 langit, diantaranya yaitu:
QS  Al-Baqarah (2) ayat 29
QS Al-fushshilat (41) ayat 12 
Sungguh luar biasa kuasa Allah dan firman-Nya :)

Pingin tau keluarbiasaan alqur'an yang lain, coba baca AMAZING: Alqur'an Mengungkap Sejarah Metalurgi Dalam Kisah Dzurkarnain

Mari kita baca Al-Qur'an lagi dan temukan clue-clue pengetahuan lain,, ;)

Visit link ini juga ya :
http://www.faktailmiah.com/2010/09/05/ada-berapa-lapisan-atmosfer.html

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More